Senin, 19 September 2022

Artikel Aksi Nyata 1.4 Budaya Positif

 

ARTIKEL AKSI NYATA 1.4 BUDAYA POSITIF


By Usep Iwan Fandiana, S.Pd.SD

CGP Angkatan 5

 

A.      Latar Belakang

Pendidikan merupakan sebuah tuntunan dalam kehidupan serta tumbuh kembangnya setiap anak. Setiap Anak memiliki pengalaman, kekuatan seta keunikan tersendiri. Dalam membimbing dan menguatkan apa yang ada dalam diri setiap anak dimana perbaikan tingkah laku dan cara tumbuh kembangnya anak tergantung dari pendidikan. Perwujudan sdari nilai-nilai atau keyakinan universal yang diterapkan di sekolah atau pendidikan merupakan Budaya Positif. Dalam mewujudkan budaya positif yang harus diterapkan adalah  ada disiplin positif,

Motivasi, apresiasi, keyakinan kelas, kebutuhan dasar manusia,  5 kontrol posisi, tiga restitusi.

Guru dan tenaga kependidikan memiliki visi serta nilai-nilai kebaikan untuk membentuk karakter pelajar pancasila dengan memberikan suri tauladan dan pembiasaan yang konsisten di sekolah. Dalam pengembangan budaya positif dapat menumbuhkan motivasi instrinsik dalam diri anak untuk menjadi pribadi yang bertanggungjawab, berbudi, berakhlakul karimah, bijaksana serta terus belajar ke arah positif sepanjang hayat.

 

B.       Rumusan Masalah

1.      Pentingnya menerapkan budaya positif

2.      Pentingnya kesepakatan dan keyakinan di dalam kelas

C.       Tujuan

Tujuan dilaksanaknnya kegiatan Aksi Nyata Budaya positif adalah:

1.      Mengimplementasikan materi Budaya Positif yang dimulai dengan disiplin positif, membuat kelas impian, keyakinan di kelas maupun sekolah.

2.      Membangun budaya positif di sekolah adalah untuk menumbuhkan karakter anak.

3.      Berbagi pemahaman, pengalaman dan penguatan kepada ekosistem sekolah melalui aksi nyata serta sosialisasi pengimbasan secara seminar di luar jaringan.

 

 

Melalui Rancangan Tindakan aksi nyata yang dibuat bersamaan dengan koneksi antar materi Modul 1.4, Saya membuat rancangan Tindakan Aksi Nyata ini didasari  untuk mengimplementasikan nilai-nilai budaya positif dan materi di modul ini terutama Ketidaktercapaian Disiplin dan kurang tanggung jawab.

Kegiatan Aksi Nyata ini dilakukan di SDN Cilampeni 03 Katapang Kabupaten Bandung dalam waktu linimasa 8 hari secara bertahap yaitu tanggal 8 – 16 September 2022 dengan skema kegiatan :

1.      Sosialisasi kelas impian, membuat Keyakinan Kelas bersama Siswa Kelas VI SDN Cilampeni 03.

2.      Sosialisasi dengan Kepala Sekolah, Guru dan warga Sekolah tentang Budaya Positif dan Implementasinya di Ekosistem Sekolah.

3.      Penerapan budaya positif dikelas dan sekolah serta penerapan segitiga restitusi.

4.      Berbagi pengalaman, materi dan penguatan budaya positif di sekolah melalui seminar.

5.      Refleksi dan evaluasi tentang budaya positif.

 

D.      Tolak Ukur

v  Terlaksananya kegiatan sesuai jadwal

v  Terlaksananya keyakinan kelas dan keyakinan sekolah

v  Kehadiran siswa dan guru 100 %

v  Siswa terlibat aktif, mandiri, kreatif, bertanggung jawab dalam belajar

v  Budaya Positif berkelanjutan dan perlu konsisten dalam ekosistem sekolah.

v  Siswa toleran dan saling menghormati

 

E.       Manfaat dan  dan Tantangan

Ø  Manfaatnya terciptanya pendidik yang merdeka, siswa yang merdeka, Meningkatnya pengetahuan pendidik, Pendidik lebih mudah dalam menilai, terciptanya rasa aman, nyaman dan menyenangkan di dalam belajar.

Ø  Tantangan dalam membuat jadwal selalu bentrok dengan kegiatan yang lain baik PGRI, Pramuka dan KKG, Tantangan dalam mengkondisikan sosialisasi diantaranya kehadiran kepala sekolah dan rekan kerja.

F.        Dukungan yang dibutuhkan

Ø  Dukungan Kepala Sekolah, Warga Sekolah, Komite Sekolah, Orangtua

Ø  Fasilitator dan Pendamping Praktik

Ø  Karton dan berbagai ATK untuk menempel keyakinan kelas

Ø  Ruang kelas, sound, proyektor, dan berbagai peralatan lain yang diperlukan untuk menyampaikan materi pada modul 1.4 ini kepada rekan sejawat (didapat dengan berkordinasi kepada kepala sekolah untuk meminjamkan berbagai peralatan yang diperlukan. ( Sarana dan Prasarana )

 

G.      Langkah-langkah Aksi Nyata

§  Langkah – Langkah dan strategi dalam mewujudkan budaya positif di sekolah secara efektif dan mengembangkan karakter anak :

§  Posisi kontrol Guru

§  Membuat Kesepakatan Kelas

§  Kesepakatan yang disusun harus mudah dipahami dan langsung diterapkan, dapat diperbaiki dan dikembangkan secara berkala.

§  Menerapkan Disiplin Positif

§  Memberikan pemahaman disiplin pada siswa yaitu untuk mengetahui perilaku mereka sendiri, mengambil inisiatif, menjadi bertanggung jawab atas plihan mereka dan dapat menghargai diri sendiri dan orang lain. Dalam pelaksanaannya, disiplin dapat memberikan pemahaman kepada anak mengenai konsekuensi logis jika sebuah aturan dilanggar. Kesalahan adalah kesempatan baik bagi anak untuk belajar.

§  Memberikan Informasi tentang Materi Budaya Positif kepada Kepala Sekolah dan meminta Ijin untuk sosialisasi pengimbasan di Sekolah.

§  Pengimbasan kepada ekosistem sekolah dengan kegiatan seminar.

§  Refleksi atau umpan balik serta evaluasi terhadap budaya positif di sekolah.

H.    Hasil Kegiatan Aksi Nyata



 

 



 

 

 





 

SOSIALISASI PENGIMBASAN BUDAYA POSITIF

“SEMINAR BUDAYA POSITIF DI SDN CILAMPENI 03 “

 


  

 



 

 


 



 

 

 





 

 



 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar